Geser kebawah untuk membaca artikel!

[Materi Lengkap] Pengertian Stuktur Teks Fungsi Teks Report Dengan Contoh + Terjemah Indonesia

Advertisement

loading...
Have you learnt about what is report text? There are many pupils who sometimes confuse Because, report text is similar to the descriptive text. 



Bila di artikan kedalam bahasa indonesia, teks yang satu ini dapat di bilang bila secara umumnya, report text adalah salah satu jenis teks yang masuk kategori  "factual texts." Teks jenis ini sering dikatakan sebagai "saudara kembar" descriptive text sehingga wajar banyak siswa "bingung" cara membedakan kedua teks tersebut.

Generic Structure of Report Text
1. General classification: Stating classification of general aspect of thing; animal, public place, plant, etc which will be discussed in general (pengantar tentang sesuatu/fenomena yang akan di bahas atau pernyataan umum yang menerangkan subyek laporan, keterangan, dan klasifikasinya.) *BUKAN ARTINYA TAPI UNTUK MEMPERJELAS BAGI YANG KURANG MEMAHAMI BAHASA INGGRIS
2. Description: Describing the thing which will be discussed in detail; part per part , customs or deed for living creature and usage for materials and things (menerangkan sesuatu/fenomena yang dibahas, meliputi bagian-bagian, kualitas, kebiasaan atau perilaku (untuk makhluk hidup), manfaatnya (untuk benda)) *BUKAN ARTINYA TAPI UNTUK MEMPERJELAS BAGI YANG KURANG MEMAHAMI BAHASA INGGRIS

Language Feature of Report Text
Introducing group or general aspect
Using conditional logical connection; when, so, etc
Using simple present tense

Biar saya paparkan menggunakan bahasa indonesia supaya lebih mudah di mengerti yaaa... 
Menggunakan general nouns (kata benda umum ) seperti birds,”reptiles in comodo island”.
Menggunakan relating verbs untuk menjelaskan cirri, misalnya is/am/are, have/look/seem.
Menggunakan action verbs (kata kerja tindakan) dalam menjelaskan perilaku, misalnya lizards cannot fly.
Menggunakan present tense untuk menyatakan suatu yang umum, misalnya komodo dragons usually weight more than 160 kg.
Menggunakan istilah teknis, misalnya warm-blooded, vertebrate, dan predators.
Menggunakan paragraph dengan topic sentence untuk menyusun sejumlah informasi.

Sosial Function of Report

To describe the way things are, with reference to a range of natural man-made and social phenomena in our environment. (Untuk menggambarkan hal-hal, yang mengacu pada berbagai fenomena alam buatan manusia dan sosial di lingkungan kita). *YANG INI ARTI DARI BAHASA INGGRIS ITU SENDIRI UNTUK MEMPERMUDAH BEBERAPA ORANG

Example of Text Report: Venice

Venice is a city in northern Italy. It is the capital of region Veneto. Together with Padua, the city is included in the Padua-Venice Metropolitan Area. Venice has been known as the “Queen of the Adriatic”, “City of Water”, “City of Bridges”, and “The City of Light”. The city stretches across 117 small islands in the marshy Venetian Lagoon along the Adriatic Sea in northeast Italy.

Venice is world-famous for its canals. It is built on an archipelago of 117 islands formed by about 150 canals in a shallow lagoon. The islands on which the city is built are connected by about 400 bridges. In the old center, the canals serve the function of roads, and every form of transport is on water or on foot.

You can ride gondola there. It is the classical Venetian boat which nowadays is mostly used for tourists, or for weddings, funerals, or other ceremonies. Now, most Venetians travel by motorised waterbuses (“vaporetti”) which ply regular routes along the major canals and between the city’s islands. The city also has many private boats. The only gondolas still in common use by Venetians are the traghetti, foot passenger ferries crossing the Grand Canal at certain points without bridges.

You can see the amusing city’s landmarks such as Piazza San Marco, Palazzo Contarini del Bovolo, Saint Mark’s Cathedral or villas of the Veneto. The villas of the Veneto, rural residences for nobles during the Republic, are one of the most interesting aspects of Venetian countryside.

They are surrounded by elegant gardens, suitable for fashionable parties of high society. The city is also well known for its beautiful and romantic view, especially at night.

Terjemah bahasa indoensia teks report diatas :


1658/5000
Venesia adalah sebuah kota di Italia utara. Ini adalah ibukota wilayah Veneto. Bersama dengan Padua, kota ini termasuk dalam Padua-Venice Metropolitan Area. Venice telah dikenal sebagai "Ratu Adriatik", "Kota Air", "Kota Jembatan", dan "The City of Light". Kota ini membentang di 117 pulau-pulau kecil di rawa Venetian Lagoon sepanjang Laut Adriatik di timur laut Italia.

Venesia terkenal di dunia untuk kanal-nya. Hal ini dibangun pada sebuah kepulauan dari 117 pulau-pulau yang dibentuk oleh sekitar 150 kanal di laguna dangkal. Pulau-pulau di mana kota ini dibangun dihubungkan oleh sekitar 400 jembatan. Di pusat tua, kanal melayani fungsi jalan, dan setiap bentuk transportasi di atas air atau berjalan kaki.

Anda bisa naik gondola di sana. Ini adalah perahu Venetian klasik yang saat ini banyak digunakan untuk wisatawan, atau untuk pernikahan, pemakaman, atau upacara lainnya. Sekarang, sebagian besar Venesia bepergian dengan bus air bermotor ( "vaporetti") yang ply rute reguler sepanjang kanal utama dan antara pulau-pulau kota. Kota ini juga memiliki banyak kapal pribadi. Satu-satunya gondola masih umum digunakan oleh Venesia adalah traghetti, feri kaki penumpang menyeberangi Grand Canal pada titik-titik tertentu tanpa jembatan.

Anda dapat melihat landmark kota lucu ini seperti Piazza San Marco, Palazzo Contarini del Bovolo, Katedral Saint Mark atau villa dari Veneto. Vila-vila dari Veneto, tinggal di pedesaan untuk bangsawan selama Republik, adalah salah satu aspek yang paling menarik dari pedesaan Venetian.

Mereka dikelilingi oleh taman-taman yang elegan, cocok untuk pesta modis masyarakat yang tinggi. Kota ini juga terkenal karena pemandangan yang indah dan romantis, terutama pada malam hari. *Translate yang saya gunakan tidak di lakukan dengan bantuan manusia, jadi masih 70% akurat, saya masih menggunakan penerjemah google untuk membantu pembaca memahami arti yang ada pada teks diatas.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga materi mengenai teks report kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan mohon doanya untuk situs yang satu ini dapat terus di kembangkan atas semua support yang telat kalian semua berikan.

Advertisement

loading...

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan download dan lihat video pembahasan yang lebih mudah!

search