Geser kebawah untuk membaca artikel!

Mengenal Jauh Mengenai Ginjal Beberapa Hal Yang Harus Kalian Ketahui

Advertisement

loading...
Pengertian Definisi 

Bila dipandang dari memiliki bentuk, Ginjal manusia mirip bentuk biji kacang merah atau mirip kacang buncis serta berwarna coklat. Ginjal Terdapat didalam rongga perut sisi belakang, tepatnya di samping kanan kiri tulang pinggang, karenanya, ginjal kerap dimaksud sebagai buah pinggang.

Ginjal kiri umumnya memiliki ukuran semakin besar dari pada ginjal kanan. Ginjal kanan lebih rendah letaknya dari pada ginjal kiri lantaran tertekan oleh hepar (hati). Ginjal mempunyai dimensi panjang seputar 6 – 7, 5 sentimeter serta tidak tipis 1, 5 – 2, 5 sentimeter. Berat ginjal pada orang dewasa seputar 140 gr.

Susunan Ginjal Manusia 

Dengan cara melintang, Ginjal terbagi dalam tiga susunan. Sisi luar dimaksud korteks atau kulit ginjal, dibagian bawahnya ada medula atau sumsum ginjal serta dibagian dalam ada rongga yang dimaksud pelvis renalis atau rongga ginjal.

Di bagian korteks atau kulit ginjal ada glomerulus serta simpai Bowman. Glomerulus serta simpai Bowman membuat kesatuan yang dimaksud dengan Tubuh Malpighi. Di bagian ini sistem penyaringan darah diawali.

Tubuh malpighi adalah awal dari nefron. Nefron yaitu unit struktural serta fungsional ginjal. Setiap ginjal tersusun dari seputar 1 juta nefron. Dari tubuh Malpighi terdpat saluran yang menuju sisi medula atau sumsum ginjal.

Medula atau sumsum ginjal tersusun dari saluran-saluran yang disebut lanjutan dari tubuh malphigi serta saluran yang ada dibagian korteks. Pelvis renalis atau rongga ginjal adalah rongga yang berperan juga sebagai penampung urine sesaat, saat sebelum urine dikeluarkan lewat ureter.

Manfaat Ginjal Dalam Badan Manusia. 

Manfaat paling utama dari ginjal yaitu menyaring darah. Dari sistem penyaringan ini dkeluarkan zat bekas berbentuk urine. Sistem didalam ginjal mencakup penyaringan (filtrasi), penyerapan kembali beberapa zat yang bermanfaat (reabsorpsi), serta pengeluaran zat yang ketika itu tak dibutuhkan dan tidak bisa disimpan pada badan (augmentasi).

Sistem Penyaringan, Filtrasi 

Sistem ini berlangsung di glomerulus. Cairan yang tersaring ditampung oleh simpai Bowman. Cairan itu tersusun dari urea, glukosa, air, ion-ion anorganik seperti natrium kalium, kalsium, serta klor. Darah serta protein terus berada didalam kapiler darah lantaran tidak bisa menembus pori–pori glomerulus. Cairan yang tertampung di simpai Bowman dimaksud urine primer. Sepanjang 24 jam, darah yang disaring bisa meraih seputar 170 liter.

Bekas dari penyaringan ini yaitu berbentuk urine yang masih tetap memiliki kandungan banyak zat yang dibutuhkan oleh badan, seperti glukosa, garam-garam, serta asam amino.


Sistem Penyerapan Kembali, Reabsorbsi 

Sistem ini berlangsung di tubulus kontortus proksimal. Sistem yang berlangsung yaitu penyerapan kembali beberapa zat yang masih tetap bisa dibutuhkan oleh badan. Zat yang diserap kembali yaitu glukosa, air, asam amino serta ion-ion anorganik. Sedang urea cuma sedikit diserap kembali. Cairan yang dihasilkan dari sistem reabsorbsi ini umum dimaksud dengan urine sekunder.

Sistem Pengumpulan, Augmentasi 

Sistem ini berlangsung di tubulus kontortus distal serta di saluran pengumpul. Di bagian ini berlangsung pengumpulan cairan dari sistem pada awal mulanya. Dibagian ini dapat masih tetap berlangsung penyerapan ion natrium, klor dan urea. Cairan yang dihasilkan telah berbentuk urine sebenarnya, yang lalu disalurkan ke rongga ginjal.

Urine yang telah terbentuk serta terkumpul di rongga ginjal dibuang keluar badan lewat ureter, kandung kemih serta uretra. Sistem pengeluaran urine dikarenakan oleh ada desakan didalam kandung kemih.

Desakan pada kandung kemih terkecuali dikarenakan oleh dampak saraf juga ada kontraksi otot perut serta organ-organ yang menghimpit kandung kemih.

Jumlah urine yang dikeluarkan bukan sekedar di pengaruhi oleh banyak cairan yang diminum serta dampak hormon antidiuretika, tetapi ditetapkan juga oleh jumlah garam yang perlu dikeluarkan dari darah supaya desakan osmosis darah terus.

Advertisement

loading...
Tag:

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan download dan lihat video pembahasan yang lebih mudah!

search